Populasi Singa

kabonfootprint Gandhinagar, India, Senin

Kampanye menentang perburuan hewan liar di wilayah Gujarat, India barat, sepertinya menunjukkan hasil dengan meningkatnya jumlah singa Asia (Panthera leo persica) dalam empat tahun terakhir.

Pejabat pemerintah Gujarat, Narendra Modi, mengatakan populasi keseluruhan di hutan Gir – satu-satunya habitat singa Asia yang tersisa – telah mencapai 359 ekor, atau bertambah 32 ekor dibanding perhitungan sebelumnya. Hutan Gir berada sekitar 328 kilometer barat daya Gandhinagar, ibukota Gujarat. kabonfootprint

Jumlah baru ini merupakan populasi tertinggi yang pernah tercatat di hutan Gir, dan merupakan hasil dari usaha pencegahan perburuan singa untuk diambil kulitnya sebagai hiasan, kata Modi. “Selama tiga tahun terakhir, tidak ada kasus perburuan yang ditemukan di hutan lindung Gir,” ujarnya.

Hasil ini dianggap cukup baik mengingat populasi singa Asia di Gujarat pada tahun 1974 sempat turun menjadi hanya 180 ekor saja.

Kabar mengenai peningkatan populasi singa ini memberi semangat baru pada para pemerhati lingkungan, setelah mereka sempat masgul karena hilangnya harimau-harimau dari beberapa hutan dan cagar alam India akibat perburuan dan hilangnya habitat.

Perburuan gelap yang dilakukan jaringan kejahatan terorganisasi dan pembersihan hutan untuk pemukiman telah menyebabkan populasi harimau India menurun drastis. Menurut perkiraan National Geographic Society, pada tahun 2001 jumlah harimau India – atau harimau Bengal – di habitat alamnya tinggal 5.000 hingga 7.000 ekor, sekitar separuh berada di India. kabonfootprint

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s